JUAL BELI MELALUI INTERNET DALAM PERSEPEKTIF EKONOMI ISLAM

  • Harto Harto Institut Agama Islam Ma’arif NU (IAIMNU) Metro Lampung
  • Ambariyani Ambariyani Institut Agama Islam Ma’arif NU (IAIMNU) Metro Lampung
Keywords: Akad Khiyar, Internet, Ekonomi Islam

Abstract

Jual beli melalui internet saat ini masih menjadi pilihan penting dalam berbisnis dengan alasan praktis, cepat dan mudah. Bisnis ini terus tumbuh dan berkembang di Indonesia. Meskipun mengandung berbagai resiko, seperti ketidaksamaan antara gambar produk di internet dengan barang yang diterima pembeli, tetap saja jual beli melalui internet banyak dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana aspek akad dan khiyar dalam jual beli melalui internet menurut persepektif ekonomi Islam ? dan bagaimana keabsahan jual beli melalui internet menurut persepektif ekonomi Islam?. Penelitian ini merupakan penelitian pustaka (library researtch) yaitu menelaah literatur, transkip, buku-buku atau dokumen yang ada relevansinya dengan masalah-masalah yang akan di teliti dan dibahas. Analisis data dilakukan secara kualitatif dalam bentuk sistematis yang tersusun secara benar sehingga mudah dibaca dan mengerti dalam memberi arti terhadap data. Hasil pengkajian menunjukkan jual beli melalui internet ditinjau dari segi akad dan khiyar diperbolehkan (absah) menurut ekonomi Islam. Hal ini sesuai dengan kaidah ushul fiqih.

Kata Kunci: Akad Khiyar, Internet, Ekonomi Islam.

Published
2018-02-08
How to Cite
Harto, H., & Ambariyani, A. (2018). JUAL BELI MELALUI INTERNET DALAM PERSEPEKTIF EKONOMI ISLAM. KHOZANA: Journal of Islamic Economic and Banking, 1(1), 130-167. Retrieved from http://journal.stebisdarussalamoki.ac.id/index.php/khozana/article/view/9
Section
Articles