STRATEGI PEMASARAN DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (STUDI KASUS PEDAGANG DI PASAR TRADISIONAL)

  • Jasman Jasman Sekolah Tinggi Ekonomi dan Bisnis Islam (STEBIS) Darussalam OKI
  • Rini Agustin Sekolah Tinggi Ekonomi dan Bisnis Islam (STEBIS) Darussalam OKI

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui strategi pemasaran di pasar tradisonal raman utara dan untuk mengetahui pemasaran dalam persepektif ekonomi Islam serta untuk mengetahui alasan pedagang melakukan dugaan penyimpangan dalam setrategi pemasaran. Penelitian ini adalah penelitian lapangan dan Peneliti menggunakan metode observasi, interview dan dokumentasi. Dalam setrategi produk ada yang melakukan penipuan dengan menyembunyikan cacat barang. Dalam setrategi tempat yaitu berlokasi didalam pasar tradisional raman utara dan adanya perebutan konsumen. Dalam setrategi harga ada yang menaikan harga pada situasi tertentu seperti pada saat musim hajatan dan lebaran. Dalam setrategi promosi ada yang melakukan reklame palsu, pedagang memuji-muji daganganya secara berlebihan serta menggunakan kata-kata sumpah. Kemudian berkaitan dengan persepektif ekonomi Islam di pasar tradisional raman utara yaitu ada yang sesuai dengan ekonomi Islam dalam hal bertindak jujur dan benar,amanah,dan murah hati. Dan ada juga yang tidak sesuai dengan ekonomi Islam seperti mengurangi timbangan,menyembunyikan cacat barang, sumpah palsu dan reklame palsu.

 

Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Ekonomi Islam, Studi Kasus Pedagang Pasar Tradisional.

Published
2018-02-08
How to Cite
Jasman, J., & Agustin, R. (2018). STRATEGI PEMASARAN DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (STUDI KASUS PEDAGANG DI PASAR TRADISIONAL). KHOZANA: Journal of Islamic Economic and Banking, 1(1), 66-95. Retrieved from http://journal.stebisdarussalamoki.ac.id/index.php/khozana/article/view/7
Section
Articles