PENGARUH NILAI TUKAR, SUKU BUNGA, DAN INFLASI TERHADAP INDEKS HARGA SAHAM GABUNGAN DI BURSA EFEK INDONESIA

  • Apen Saputra
Keywords: : Nilai Tukar, Tingkat Suku Bunga, Tingkat Inflasi, Indeks Harga Saham Gabungan

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh nilai tukar, suku bunga, dan inflasi terhadap Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia. Desain yang digunakan dalam penelitian adalah desain asosiatif. Variabel yang digunakan yaitu variabel bebas berupa nilai tukar, tingkat suku bunga dan tingkat inflasi, serta variabel terikat adalah indeks harga saham gabungan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah data periode januari 2011 sampai dengan desember 2015. Alat analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda.

Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh: (1) Ada pengaruh yang signifikan variabel nilai tukar, tingkat suku bunga, dan inflasi secara simultan terhadap indeks harga saham gabunganpada Bursa Efek Indonesia, (2) Ada pengaruh yang negatif namun signifikan nilai tukar terhadap indeks harga saham gabungan pada Bursa Efek Indonesia, (3) Tidak ada pengaruh yang signifikan tingkat suku bunga terhadap indeks harga saham gabungan pada Bursa Efek Indonesia, dan (4) Tidak ada pengaruh yang signifikan inflasi terhadap indeks harga saham gabungan pada Bursa Efek Indonesia.

 

Kata Kunci: Nilai Tukar, Tingkat Suku Bunga, Tingkat Inflasi, dan Indeks Harga Saham Gabungan

Published
2019-07-24
How to Cite
Saputra, A. (2019). PENGARUH NILAI TUKAR, SUKU BUNGA, DAN INFLASI TERHADAP INDEKS HARGA SAHAM GABUNGAN DI BURSA EFEK INDONESIA. KHOZANA: Journal of Islamic Economic and Banking, 2(2), 1 - 15. Retrieved from http://journal.stebisdarussalamoki.ac.id/index.php/khozana/article/view/26
Section
Articles