PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR EKONOMI (AKUNTANSI) MELALUI MODEL MAKE-A MATCH

  • Suminarto Suminarto SMA Negeri 1 Trimurjo Lampung Tengah
Keywords: Make A Match, Belajar Ekonomi Akuntansi, Lorna CurranT

Abstract

Dalam proses pembelajaran Ekonomi (Akuntansi) diperlukan strategi tertentu dan motivasi yang kuat. Guru sangat berperan, terutama dalam hal merancang skenario pembelajaran. Guru harus mampu memilih model pembelajaran yang mampu meningkatkan motivasi peserta didik, sesuai dengan karakteristik mata pelajaran, dan  karakteristik peserta didik sehingga pembelajaran dapat berlangsung optimal. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan belajar peserta didik menggunakan model pembelajaran Make – A Match dikembangkan oleh Lorna Curran  Penelitian ini dilaksanakan pada kelas XII IPS2 SMA Negeri 1 Trimurjo semester 1 Tahun Pelajaran 2015/2016, materi “Posting dari jurnal khusus kebuku besar, posting ke buku pembantu menggunakan siklus-siklus , dalam penelitian ini penulis mencoba sampai 2 siklus. Hasil penelitina ini menunjukan bahwa dari tiap siklus dalam memahami siklus akuntansi perusahaan dagang pada materi posting dari junal khusus ke buku besar, posting ke buku pembantu diperoleh peningkatan motivasi dan  hasil belajar. Secara umum dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Make – A Match dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik. Oleh karena itu peneliti berpendapat bahwa  model pembelajaran Make – A Match dapat digunakan sebagai  model alternatif  dalam pembelajaran.

Kata Kunci: Make A Match, Belajar Ekonomi Akuntansi, Lorna CurranT

Published
2018-02-08
How to Cite
Suminarto, S. (2018). PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR EKONOMI (AKUNTANSI) MELALUI MODEL MAKE-A MATCH. KHOZANA: Journal of Islamic Economic and Banking, 1(1), 170-197. Retrieved from http://journal.stebisdarussalamoki.ac.id/index.php/khozana/article/view/10
Section
Articles